PENTINGNYA EKOWISATA UNTUK MENGURANGI KERUSAKAN LINGKUNGAN



Pengembangan ekowisata telah banyak di adopsi oleh destinasi wisata khususnya wisata alam yang rentan sekali terjadinya kerusakan. Namun, banyak destinasi wisata tersebut  yang tidak menerapkan konsep – konsep ekowisata dengan benar sehingga dampak negatifnya akan terasa, terutama pada lingkungan sekitar yang menjadi tempat kunjungan wisata. ketika konsep ekowisata itu tidak diterapkan pada destinasi wisata alam maka akan timbulnya kerusakan jangka panjang misal seperti destinasi wisata Goa Gong dan Goa pindul. 

Kedua destinasi tersebut telah memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi kita, dengan goa gong yang tersedianya fasilitas di dalam goa seperti kipas angin dan lampu-lampu yang tentunya akan merusak keberlanjutan goa tersebut sehingga stalaktit dan stalakmit menjadi mati dan akan berdampak pada kekuatan goa itu sendiri dan goa pindul dengan ketenaranya pada saat ini tidak lagi memperhatikan daya dukung kawasan sehingga akan merusak ekosistem didalamnya.
Ekowisata merupakan sebuah konsep pengembangan yang mementingkan akan keberlanjutan lingkungan, mengedepankan unsur pendidikan serta dapat meningkatkan perekonomian mayarakat sekitar dan yang menjadi pelakunya adalah masyarakat setempat. dengan demikian dalam pengembangan ekowisata yang diuntungkan adalah masyarakat sekitar. jadi perlu perhatian lebih terutama bagi pemerintah dan stakeholder pariwisata dalam mendampingi pengembangan destinasi wisata.
Perkembangan pariwisata di Yogyakarta sangat cepat karena mangacu pada visi gubernur hingga 2025 bahwa pariwisata merupakan salah satu tujuanya. Dalam mengembangkan pariwisata pemerintah maupun stakeholder yang terkait sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan pariwisata itu sendiri, agar pariwisata dapat terkontotrol dan tidak menimbulkan masalah. Dengan demikian konsep pengembangan destinasi yang mengacu pada lingkungan seperti ekowisata haruslah diterapkan untuk mengurangi dampak negatif dari adanya pariwisata.
Destinasi wisata yang telah menerapkan konsep ekowisata sebaiknya di evaluasi bagaimana perkembanganya apakah sesuai atau tidak dengan konsep yang diterapkan. dalam hal ini diperlukanya reset agar hasil yang diperoleh dapat selalu dikembangkan dan diperbaiki. suatau destinasi wisata khususnya ekowisata dapat dikatan berhasil apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :
1.      Ancaman terhadap kekayaan sumber daya alam menurun;
2.      Adanya income generating untuk kegiatan konservasi;  
3.      Ada keuntungan real yang dirasakan masyarakat.






Share on Google Plus

About Hanafi Idris

0 comments:

Post a Comment