Mengatasi Kemiskinan dengan Pariwisata


Pariwisata merupakan suatu indrusti yang sangat menguntung bagi pemerintah, swasta maupun masyarakat, namun pariwisata bukanlah industri yang menghasilkan barang yang konkrit seperti pabrik-pabrik yang memiliki cerobong asap, namun pariwisata merupakan industri  intangible (industri jasa/tidak terlihat) yang dapat menghasilkan nilai tambah  atau penghasilan bagi pemerintah, swasta maunpun masyarakat.  

Pengembangan pariwisata di indonesia selalu ditingkankan karena pemerintah menyadari bahwa pariwisata merupakan sektor pendorong perekonomian bangsa yang paling penting, berbeda dengan industri pertambangan yang kebanyakan menguntungkan investor, pariwisata dapat dikembangkan secara langsung oleh masyarakat desa sehingga akan terasa secara langsung dampaknya bagi perekonomian masyarakat.
Indonesia merupakan negara yang sangat luas wilayahnya, untuk memperjelas dan membuktikan bahwa pariwisata dapat menentaskan kemiskinan, salah satu contohnya adalah Wilayah D.I. Yogyakarta, dimana pariwisata merupakan salah satu  tujuan dari visi sultan kedepan. Dengan demikian pembangunan pariwisata melalui pemda setempat dan dibantu oleh akademisi akan segera mengyukseskan program tersebut.  Kita bisa liat contohnya adalah kabupaten gunung kidul, gunung kidul beberapa tahun yang lalu angka kemiskinanya cukup tinggi namun pada saat ini gunung kidul memiliki penghasilan yang melimpah dari adanya pariwisata, maka terbukti secara nyata bahwa pariwisata tersebut dapat mengurangi kemiskinan.
Pada dasarnya pariwisata memiliki peran penting terhadap pembangunan perekonomian bagi masyakarakat lokal,  dengan adanya pariwisata akan berdampak multiplier effect yang luar biasa, karena menyentuh semua sektor industri, dapat kita lihat dampaknya secara langsung adalah masyarakat dapat mendirikan homestay,restaurant, menjadi guide dan pengelola pariwisata dan dampak lain adalah bagi petani sayur, peternak ayam, ikan, penghasil kerajinan, dan sektor industri lainya yang terkait kebutuhan pariwisata. Dengan demikian kita dapat memberi kesimpulan bahwa dengan adanya pariwisata lapangan pekerjeaan yang tersedia sangatlah banyak sehingga dapat memberikan pemasukan bagi masyarakat maupun pemerintah. Dan dapat dijadikan strategi andalan pemerintah dalam menuntaskan kemiskinan yang dirasakan masyarakat indonesia. 

Share on Google Plus

About Hanafi Idris

0 comments:

Post a Comment