Afsel Jadi Negara Pertama Yang Akan Tarik Dubes dari Israel

afsel 
Aktivis hak asasi manusia Afrika Selatan menuntut pemerintah Pretoria untuk menarik duta besar negaranya dari Zionis Israel sebagai langkah mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB terkait penghentian seluruh pembangunan pemukiman Yahudi di wilayah Palestina 1967.

PSC meminta pemerintah Afrika Selatan untuk menarik duta besarnya dari ibukota Tel Aviv sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap resolusi DK PBB nomor 2.334, serta penolakan ancaman Zionis Israel terhadap negara tetangga Senegal karena mendukung resolusi tersebut, tulis organisasi HAM non-pemerintah dalam pernyataan resmi pada hari Selasa (27/12).

Bersama dengan Senegal, Venezuela, Malaysia dan Selandia Baru, Jum'at 23 Desember keempat negara anggota tidak tetap DK PBB sepakat mengajukan rancangan resolusi penghentian pemukiman Yahudi di tanah Palestina yang sebelumnya ditunda Mesir.

Karena mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 2.334, Benjamin Netanyahu menarik Dubes Israel dari ibukota Dakkar, membatalkan program bantuan negaranya untuk Senegal, serta membatalkan kunjungan Menlu Senegal ke Israel pada pertengahan Januari 2017 mendatang.
Share on Google Plus

About Hanafi Idris

0 comments:

Post a Comment