Search Engine Buatan Mahasiswa Indonesia

Search Engine Geev


Aku Cinta Produk Indonesia. Sebenarnya google bukan satu-satunya search engine yang ada di dunia. Selain google, kita mengenal yahoo. Beberapa negara lain juga giat mengembangkan search engine besutan anak negeri mereka. Salah satunya Indonesia. Seorang mahasiswi UI mengembangkan sebuah search engine bernama "GEEVV". Salah satu program uniknya adalah donasi yang akan disumbangkan untuk kebutuhan masyarakat Indonesia.

Geevv adalah sebuah startup yang didirikan oleh mahasiswi Universitas Indonesia bernama Azka A. Silmi dan rekannya, Andika Deni Prasetya. Mulai beroperasi sejak tanggal 26 September 2016, Geevv menghadirkan layanan yang benar-benar mirip dengan sebuah mesin pencari. Kamu bisa memasukkan berbagai kata kunci (keyword) dan menemukan hasil pencarian yang terkait dengan kata kunci tersebut.

Saat ini Geev masih menggunakan API (Application Programming Interface) dari Bing, tim dari Geev sementara menyiapkan sistem pencarian sendiri. Hal ini diakui sendiri oleh sang founder, Azka. “Membangun indeks dan mesin pencari sendiri tidak mudah dan murah. Setelah menimbang-nimbang, sembari kami menyiapkan “spider” sendiri, pilihan yang murah adalah dengan membeli API dari Bing,” ujar Azka.

Konsep memadukan fungsi pencarian dan fitur donasi yang dibuat Geevv pun sebenarnya telah dilakukan oleh sebuah startup asal Jerman yang bernama Ecosia. Serupa dengan Geevv, hasil pencarian di Ecosia juga berasal dari mesin pencari Bing.

So, Kalau ngesearch pake www.geevv.com ya jangan pakai google, soalnya selain di geevv hasil uang dari ngesearch itu buat amal, geevv juga punya orang indonesia. 

Untuk menggunakan geev, silakan buka situsnya :

https://www.geevv.com/

Untuk mengetahui lebih detail mengenai search engine "geev", silakan buka link dibawah ini :

https://www.geevv.com/pages/apa-itu-geevv
Share on Google Plus

About Hanafi Idris

0 comments:

Post a Comment