Target 20 juta wisatawan asing tahun 2019

Target Wisman 2019
Pariwisata merupakan sektor yang paling penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, karena dampak positif dari adanya pariwisata tersebut dapat mengakibatkan multiplier effect dimana akan berdampak terhadap semua sektor sehingga pendapatan masyarakat dari beberapa golongan akan meningkat.  Dengan demikian pemerintah selalu menargetkan kunjungan wisatawan yang selalu meningkat dari tahun- ke tahun, hingga tahun 2019 pemerintah menargetkan wisatawan asing datang ke indonesia sebanyak 20 juta wisatawan. Harapanya bahwa dengan target wisatawan tersebut dapat menjadikan negara indonesia semakin maju dalam hal pariwisata dan tentunya perekonomian masyarakat khususnya masyarakat lokal destinasi wisata dan pada umumnya masyarakat indonesia dapat merasakan dampak yang positif dari adanya pariwisata tersebut.

Ketika menargetkan wisatawan sebanyak 20 juta wisatawan asing, muncul berbagai pertanyaan dalam pikiran saya. Bagaima dengan kelestarian alam, daya dukung kawasan, dan lain sebagainya, apakah akan berdampak signifikan terhadap perekonomian akibat kunjungan wisatawan tersebut. Pemerintah dalam menargetkan wisatawan untuk berkunjung ke indonesia mestinya telah melakukan riset terlebih dahulu, supaya target tersebut nantinya tercapai.  Namun apakah dengan target wisatawan yang dinaikan, akan berdampak langsung terhadap perekonomian. Bagaimana jika pemerintah menaikan target wisatawan setiap tahunya, apakah destinasi wisata alam yang kita cintai ini akan rusak atau sebaliknya.
Berbicara tentang pariwisata tentunya sangatlah menyenangkan karena wawasan baru selalu kita dapatkan. Suatu keberhasilah produk pariwisata dapat dilihat dari meningkatnya perekonomian masyarakat dan berkurangnya ancaman terhadap kerusakan lingkungan. Itu merupakan contoh mendasar dari keberhasilan pariwisata. Dengan menetapkan target wisatawan bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan pendapatan. Namun ada cara lain yang lebih efektif dalam meningkatkan pendapatan masyarakat lokal, dengan cara menetapkan konsep ekowisata. Dalam konsep ekowisata ini kelestarian alam dan perekonomian masyarakat menjadi tujuan utama pembangunan pariwisata, sehingga dampaknya akan dirasakan secara langsung. Dengan menetapkan konsep ini jelas bertolak belakang dengan target wisatawan yang ditetapkan selalu meningkat. Karena daya dukung kawasan menjadi hal yang paling penting. Menetapkan target lenght of stay dan belanja wisatawan akan sangat ideal karena wisatawan yang kita butuhkan sesuai dengan daya dukung kawasan dan pengeluaran wisatawan yang kita optimalkan sehingga tujuan dari adanya pariwisata tersebut dapat tercapai dan berhasil sesuai dengan apa yang diharapkan. 


Share on Google Plus

About Hanafi Idris

0 comments:

Post a Comment