PARIWISATA INDONESIA MENJADI PASAR ATAU BOUTIQUE?

Dampak perkembangan pariwisata di indonesia sudah mulai dirasakan oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang ganti profesi menjadi peluku pariwisata yang awal mulanya adalah  petani,  peternak dan lain-lain. Dengan adanya pariwisata ada penambahan pemasukan bagi masyarakat yang berada di kawasan destinasi wisata. Hal ini karena adanya lapangan kerja baru bagi masyarakat misal sebagai pedagang, pengelola, pemandu dan pemilik homestay. selain  itu pemerintah juga mendapatkan dampak dari pariwisata melalui meningkatnya devisa yang diperoleh.

Pariwisata saat ini menjadi industri jasa yang memiliki dampak signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian di indonesia. Dimana industri ini telah menjadi program prioritas bagi pemerintah untuk meningkatkan pendapatan  negara dan kesejahteraan masyarakat lokal. Pengembangan pariwisata di indonesia melalui kementrian pariwisata telah menunjukan upaya – upaya untuk memajukan pariwisata. Baru-baru ini promosi yang dilakukan pemerintah sudah mendunia , misal promosi di acara piala dunia di prancis dinama ikon wonderfull of indonesia terpasang pada bus pariwisata di francis, selain itu icon wonderfull of indonesia terlihat pada sponsor  laliga spanyol. Liga spanyol ini merupakan liga terbesar ke dua di dunia. Harapanya dari pemerintah adalah untuk menarik kunjungan wisatawan di indonesia.
Berbagai macam promosi yang dilakukan tidak lain adalah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di indonesia. Hal yang menarik adalah ketika promosi tersebut berhasil, banyak wisatawan mancanegara yang datang sehingga tidak menutup kemungkinan pariwisata di indonesia menjadi wisata masal yang tidak memperhatikan daya dukung kawasan.  Masa depan pariwisata di indonesia apakah akan menjadi pasar atau boutique (djangkaru, 2015).  Ketika pariwisata di indonesia menjadi pasar maka barang yang di beli banyak namun dengan harga yang relatif murah. atau  menjadi boutique dengan sedikit barang yang di beli wisatawan namun harganya mahal. Hal ini menjadi suatu pilihan yang memang harus di pilih sehingga pariwisata di indonesia nantinya tahu akan mengarah kemana.

Jika saya dimintai pendapat seharusnya pariwisata di indonesia menjadi pasar atau boutique, jelas jawaban saya adalah boutique. Kita harus menyadari bahwa indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan alamnya dan memiliki banyak keunikan yang tidak dimiliki negara lain. Dengan menjadi boutiqe berarti pariwisata di indonesia kualitasnya akan terjaga karena yang di prioritaskan adalah hasil pendapatanya bukan banyaknya wisatawan yang datang. sehingga mengurangi dampak lingkungan dari kunjungan wisatawan. ketika pariwisata menjadi sebuah boutique, daya dukung kawasan akan terjaga dan menjadi destinasi wisata yang memiliki kualitas tinggi. Namun apabila masa depan pariwisata di indonesia ingin menjadi pasar maka kunjungan pariwisata yang selalu ditingkatkan sehingga dampaknya akan sangat terlihat terhadap kelestarian lingkungan. Hal ini menjadi sebuah pilihan, apakah pariwisata di indonesia menjadi sebuah apasa atau boutique ?.

Share on Google Plus

About Hanafi Idris

0 comments:

Post a Comment